Selasa, 18 September 2012

Hati-Hati, Jangan Konsumsi Kalsium Secara Berlebihan


Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun ternyata, terlalu banyak mengkonsumsi kalsium juga dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Efek awal yang akan terasa saat terlalu banyak mengkonsumsi kalsium adalah rasa mual yang kerap disertai dengan rasa pusing dan ingin muntah. Lebih banyak lagi, akan membuat orang yang mengkonsumsi muntah tidak tertahankan.

Kalsium sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki gen kanker. Konsumsi kalsium yang berlebihan, dapat mengganggu peredaran darah orang dengan gen kanker.  Kalsium memang baik untuk kesehatan tulang, namun terlalu banyak asupan kalsium justru akan membahayakan tulang anda. Tulang akan berdegenerasi dengan lebih cepat saat menerima asupan kalsium yang terlalu banyak.

Hal ini malah dapat membuat tulang menjadi lebih rapuh, bahkan memicu terjadinya osteoporosis.  Masalah perut seperti konstipasi juga dapat dipicu oleh asupan kalsium yang terlalu banyak.

Selain itu, kalsium juga dapat membuat cairan tubuh lebih banyak terbuang, sehingga risiko dehidrasi meningkat lebih tinggi. Konsumsi kalsium secara berlebihan juga dapat memicu kanker prostat, sehingga orang yang menderita penyakit ini disarankan untuk menghindari asupan kalsium secara berlebihan.

Masalah lain seperti batu ginjal, juga bisa disebabkan oleh asupan kalsium yang berlebihan. Kalsium yang tidak terserap tubuh, akan terbuang melalui saluran kencing.  Namun sebelum keluar, kalsium akan mengendap pada saringan ginjal, inilah yang menyebabkan pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalat atau kalsium phosphate.

Anak-anak dan kaum perempuan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan kaum laki-laki dewasa. Anak-anak membutuhkan banyak asupan kalsium untuk menunjang masa pertumbuhannya. Sementara perempuan membutuhkan lebih banyak kalsium pada masa kehamilan.

Laki-laki hanya membutuhkan 1.000mg sampai 1.200mg kalsium setiap harinya. Sementara perempuan membutuhkan sekitar 1.200mg hingga 1.500mg kalsium perhari, dan anak-anak membutuhkan 1.300mg kalsium per hari.  Asupan kalsium terbanyak yang boleh Anda konsumsi per hari adalah 2.500mg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar