Kamis, 05 Juli 2012

Perkembangan Motorik Anak

Avasin Magz - Perkembangan pada diri anak adalah sebuah hal yang menjadi perhatian utama para orang tua. Perkembangan pada anak terdapat beberapa jenis perkembangan, di antaranya perkembangan motorik halus dan motorik kasar. Motorik kasar merupakan gerakan fisik yang membutuhkan keseimbangan dan juga koordinasi anggota tubuh. Pergerakan motorik kasar menggunakan kontraksi otot besar dari sebagian ataupun seluruh anggota tubuh.

Gerakan yang tergolong pada pergerakan motorik kasar diantaranya adalah berjalan, berlari, melompat dan lain sebagainya. Pada anak, sejak dilahirkan terdapat perkembangan motorik kasar yang memiliki beberapa urut tahapan. Yang artinya, setiap anak akan mempelajari tahapan demi tahapan secara berurutan dan tidak melompat dari fase satu ke fase lainnya.

Alangkah baiknya jika semua tahapan dilalui secara perlahan dan juga dikuasai terlebih dahulu sebelum memasuki ke tahap perkembangan motorik kasar yang selanjutnya. Yang patut menjadi catatan bagi para Ibu, tidak semua anak memiliki keterampilan motorik yang sama walaupun berada dalam usia yang sama. Karena perkembangan motorik anak bersifat individual dan berbeda satu dengan lainnya.

Sebuah pandangan yang salah jika orang tua menilai tingkat kepandaian bayi satu dengan lainnya berdasarkan perkembangan motorik kasar anak tersebut. Perkembangan keterampilan dari anak tidak berpengaruh pada kecerdasan yang dimiliki anak tersebut.

Namun, ada kalanya, seorang anak mengalami perkembangan motorik kasar yang kurang. Hal ini sebenarnya bukanlah sebuah kelainan apapun. Karena kembali pada pembahasan di atas, setiap anak mengalami perkembangan yang berbeda beda. Namun, sebagai seorang orang tua, tentu saja akan khawatir bila anaknya kurang berkembang dari segi motorik kasar. Karena, anak tersebut akan mengalami kesulitan untuk bergaul dan bermaindengan anak anak seusianya.

Bagi Ibu atau Bapak yang memiliki anak dengan perkembangan motorik kasar di bawah perkiraan waktu normal, tidak perlu khawatir, karena dengan melakukan terapi avasin al kay, perkembangan motorik anak anda akan dapat dipercepat. Seperti yang terjadi pada pasien dr.Adang Sudrajat yang satu ini.

Terapi al kay pada bagian kepala untuk meningkatkan
keseimbangan dan koordinasi motorik anak


Anak ini pada usia satu tahun belum mampu untuk duduk sendiri. Setelah melakukan satu kali terapi, sang anak langsung mampu untuk duduk sendiri. Dan setelah melakukan dua kali pengobatan, sang anak kini sudah mampu untuk merangkak. Saat ini, adek kita yang satu ini sedang dilatih untuk mampu berdiri sendiri. Ayo dek, kita main sama sama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar