Senin, 15 Oktober 2012

Diet Sehat Dengan Makanan Mentah

Sophie Navita, dalam sebuah wawancara di acara talkshow belum lama ini mengatakan bahwa dirinya telah dua tahun memakan makanan mentah (raw food) dengan tujuan agar badan lebih segar dan berenergi. Istri dari musisi Pongky ini menjabarkan banyak manfaat kesehatan yang telah dia dapatkan dengan banyak mengkonsumsi makanan mentah.

Raw food (makanan mentah) bisa juga disebut sebagai living food (makanan hidup). Dia adalah makanan yang masih dalam bentuknya yang paling asli atau belum mengalami prose pemasakan atau pemanasan apapun. Raw food pada umumnya berbentuk sayuran, buah-buahan dan juga kacang-kacangan mentah. Raw food mengandung banyak enzim, yaitu sebuah substansi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam mencerna makanan.

Ketika sebuah bahan makanan dimasak pada suhu di atas 45 derajat Celcius, maka nutrisi pada makanan tersebut masih akan tersisa. Namun enzim yang seharusnya menjadi unsur penting bagi pencernaan tubuh justru akan mati. Enzim makanan yang sudah mati akan membuat tubuh memproduksi enzim tambahan yang lebih banyak lagi. Hal ini akan memacu tubuh untuk melakukan kerja keras dalam mencerna makanan tersebut.

Tapi seandainya makanan yang diproduksi masih mentah, enzim makanan tersebut belum mati, sehingga tubuh tidak perlu lagi memperlu produksi enzim tambahan. Hal ini jelas akan meringankan kinerja dari pencernaan manusia.

Lalu manfaat  lain dari mengkonsumsi makanan mentah adalah:

1. Sayur dan buah mentah masih mengandung serat yang tinggi. Serat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Membantu membersihkan usus, memberi nutrisi 'listrik' (karena masih mengandung enzim) sehingga tubuh jadi terasa bugar. Listrik dibutuhkan manusia untuk bergerak dan itu hanya bisa didapat dari makanan hidup.

3. Mencegah kegemukan. Sayur dan buah mentah kaya akan nutrisi namun rendah kalori. Selain itu juga lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga lebih cepat juga mengeluarkan toksin lewat tinja.

4. Raw food yang terdiri dari sayur dan buah memenuhi tiga unsur makanan sehat yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja dan juga kesehatan tubuh. Pertama, memiliki nutrisi tinggi seperti vitamin dan juga mineral. Kedua, tinggi serat sehingga dapat menyapu semua kotoran dari dalam tubuh. Ketiga, ‘tahu diri’ dan tidak meninggalkan jejak di dalam tubuh.

5. Membantu melangsingkan tubuh. Menurut pakar diet dr. Phaidon L. Toruan, raw food sangat membantu pelangsingan karena ada satu efek yang sangat efektif dalam membantu proses pembakaran lemak. Ketika kita makan buah-buahan dan sayur-sayuran (mentah), serat dalam makanan tersebut memiliki efek mem-block lemak sehingga lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar