Selasa, 02 Oktober 2012

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Pendengaran

Perkembangan zaman akhir-akhir ini membuat penggunaan earphone menjadi sesuatu yang biasa. Anak-anak, remaja bahkan orang tua yang menggunakan earphone adalah pemandangan yang sudah tidak asing lagi. Baik itu digunakan untuk mendengarkan lagu favorit ataupun menerima telpon melalui fitur handsfree.

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan earphone dapat merusak pendengaran anda. Namun sesungguhnya, selama penggunaannya dalam tahap wajar, maka penggunaan earphone diperbolehkan.

Berikut ini Avasindo coba berikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan pendengaran anda.

Menggunakan Penutup Telinga

Akhir-akhir ini dunia sudah dipenuhi oleh polusi. Salah satu jenis polusi adalah polusi suara. Terkadang suara yang terlalu bising dapat menyebabkan shock pada pendengaran anda. Sehingga penggunaan penutup atau penyumbat telinga akan baik bagi pendengaran anda. Terutama bagi mereka yang bekerja di tempat bising seperti jalan raya dan lokasi proyek.

Memilih Earphone yang Tepat
Pilihlah earphone atau headphone yang memiliki teknologi «noise cancelling». Hindari pula penggunaan earphone yang kedap suara, karena terkadang, tanpa anda sadari, anda akan meningkatkan volume hingga di atas batas kewajaran.

Istirahatkan Telinga Anda
Hindari penggunaan earphone secara terus-menerus.  Gunakanlah di saat anda benar-benar membutuhkannya saja.

Rendahkan Volume
Jangan biasakan diri anda mendengarkan music dalam volume tinggi. Usahakan suara yang dikeluarkan earphone tidak terdengar oleh orang lain. Tidak hanya earphone, saat menonton TV ataupun mendengarkan radio,volume tinggi akan merusak pendengaran anda.

Sudah seharusnya bila anda tahu kapan volume alat elektronik anda terlalu tinggi. Rasakan oleh diri anda sendiri. Bila suara tersebut sudah mengganggu diri anda, maka volume alat elektronik anda sudah terlalu tinggi. Selain buruk untuk pedengaran anda, volume alat elektronik yang terlalu tinggi juga mengganggu orang lain di sekitar anda.

Buatlah Aturan
Anda dapat menerapkan aturan yang sesuai dengan diri anda. Seperti pengaturan batas maksimal volume dan juga batas maksimal penggunaan earphone. Disiplinlah pada aturan yang sudah anda buat sendiri.

Cara Membersihkan Telinga
Hindari penggunaan «cotton bud» saat membersihkan telinga. Teteskan minyak zaitun seminggu sekali untuk mengeluarkan kotoran telinga anda secara alami.

Manfaatkan Teknologi Terbaru
Jika membeli gadget, pilihlah gadget dengan fitur «smart volume». Fitur terbaru ini akan mengingatkan anda jika anda menyalakan volume terlalu tinggi.

Mengganti Earphone yang Rusak
Bila earphone anda sudah sedikit rusak, maka itu adalah saat dimana anda harus mengganti earphone anda. Jangan tunggu earphone anda benar-benar tidak berfungsi. Karena kerusakan ringan pada earphone sudah dapat menambah resiko kerusakan pada pendengaran anda.

Segera ke Dokter
Bila anda merasa ada yang tidak beres dengan pendengaran anda, segera periksakan ke dokter. Jangan tunda pemeriksaan hingga keadaan pendengaran anda benar-benar parah. Mengetahui kelainan pada telinga secepatnya, dapat mempermudah proses penyembuhan kelainan tersebut.

Itulah tips yang dapat Avasindo bagikan kali ini, jangan sepelekan volume yang keras dan suara bising di sekitar anda. Bentuklah kebiasaan yang baik dengan mendengarkan alat elektronik dalam volume rendah. Insya Allah ini akan membuat kesehatan telinga anda lebih terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar