Selasa, 16 Oktober 2012

Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi dan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Pakar kesehatan gigi dan mulut dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Hastoro Pintadi drg. Sp.Prost. mengungkapkan bahwa gigi merupakan gambaran secara menyeluruh kondisi kesehatan seseorang, karena banyak penyakit di dalam tubuh berawal dari kondisi gigi yang kurang sehat.

Kondisi gigi yang tidak sehat akan menyebabkan kuman atau bakteri yang ada di rongga mulut masuk ke dalam tubuh, sehingga muncul penyakit seperti jantung dan bahkan ginjal. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk merawat giginya dengan baik, agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Cara ideal dalam merawat gigi sebenarnya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Yaitu dengan cara menggosok gigi dua kali sehari dan memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) UMY Iwan Dewanto mengatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi masih sangat kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang baru peduli dengan kesehatan giginya jika telah menderita sakit gigi dan keluhan lainnya. Untuk itulah, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi perlu terus ditingkatkan

Dia menambahkan bahwa kesehatan gigi sangat berkaitan dengan cara dan waktu menggosok gigi yang tepat. Jika cara menggosok gigi salah dan dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka justru akan menyebabkan penyakit gigi. Banyaknya menggosok gigi dalam sehari, tergantung pada berapa kali kita makan ditambah dengan sebelum kita tidur.

Jika sisa makanan menempel pada gigi dalam jangka waktu 6-7 jam, maka akan membuat sisa makanan itu sulit untuk dibuang dan akan menimbulkan lubang pada gigi. Selain itu, jika menggosok gigi jangan terlalu kencang agar enzim pada gigi tidak terkikis. Pilih bulu sikat gigi yang halus dan gosoklah gigi anda tidak dengan hanya gerakan maju-mundur tetapi juga dengan gerakan naik-turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar