Senin, 26 November 2012

Jaga Kesehatan Otak dengan Tidur Siang


Tidur siang biasa kita lakukan semasa anak-anak. Kesibukan bekerja membuat orang dewasa banyak melewatkan tidur siang. Padahal, ada manfaat unik jika kita menyempatkan diri untuk tidur siang.

Para peneliti menemukan banyak aktivitas terjadi pada saat Anda tidur siang. Ada banyak manfaat unik yang bisa Anda dapatkan saat Anda beristirahat pada siang hari. Berikut ini adalah manfaat tidur siang seperti yang dikutip dari Foxnews.

Pada saat Anda tidur siang, otak kanan menunjukkan tingkat aktivitas yang cukup tinggi. Umumnya kita menggunakan ativitas dengan dominasi otak kiri. Selama kita beristirahat, otak kanan menjadi yang paling aktif.


“Ada pemahaman yang muncul bahwa selama kita tidur, otak kita tetap aktif, tetapi dengan cara yang berbeda dan khusus,” ujar Andrei Medvedev, asisten profesor di Pusat Pencitraan Fungsional dan Molekular di Georgetown University.

Menurut Medvedev, selama tidur, otak kita akan melakukan pengorganisasian dan pengolahan informasi.

Tidur siang bahkan dapat meningkatkan produktivitas Anda. Tidur siang dapat melindungi sirkuit otak dari kerja berlebihan dan membantu Anda mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. “Tetapi Anda harus tidur dengan benar,” katanya.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan mengurangi rasa kantuk. Hormon stres juga menurun drastis setelah Anda tidur siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar