Senin, 19 November 2012

Tanda-Tanda Penuaan Sebagai Indikator Kesehatan Tubuh


Tanda penuaan ternyata bukan hanya berarti usia kronologis Anda sudah semakin tua. Namun juga memberikan tanda bahwa usia fisiologis atau biologis Anda juga menjadi tua. Banyak orang yang mengeluhkan tanda penuaan dini berupa garis halus di pelipis, kepala menjadi botak, daun telinga yang berkerut, atau lemak di sekitar kelopak mata. Ternyata Anda patut waspada terhadap tanda-tanda penuaan seperti ini, karena ini bisa menjadi tanda salah satu penyakit yang Anda derita.

Orang yang memiliki tanda-tanda yang disebutkan di atas bisa memiliki risiko 57 persen serangan jantung atau 37 persen risiko penyakit jantung. Para peneliti melakukan analisis terhadap gejala penuaan yang berkaitan dengan penyakit tertentu pada 10.885 pria dan wanita yang berusia 40 tahun. Mereka menganalisis gejala penuaan pada seluruh peserta.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data studi jantung dari Kopenhagen, yang selama 35 tahun menganalisis penyakit jantung. Hasilnya sekitar 3.401 peserta telah mengembangkan penyakit jantung  dan 1.708 di antaranya terkena serangan jantung yang berkaitan dengan tanda penuaan tersebut.

Tanda penuaan seperti adanya timbunan lemak pada sekitar kelopak mata atau disebut xanthelasma akan tampak seperti benjolan kuning pada kulit. Ini merupakan salah satu indikator tingginya kadar lemak dalam darah.

Dengan adanya penelitian semacam ini, diharapkan orang-orang akan tersadar untuk melihat tanda penuaan ini memberikan suatu gambaran tentang kesehatan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar