Senin, 26 November 2012

Masalah Kesehatan yang Dapat Ditimbulkan oleh Minuman Berenergi

Sebainya kita lebih berhati-hati dalam memilih minuman yang hendak kita konsumsi. Sebisa mungkin hindarilah alkohol, soda, dan juga minuman berenergi. My Health Daily News merilis lima buah efek samping dari minuman berenergi bagi tubuh kita. Berikut lansirannya.

Masalah Jantung
Kandungan kafein dan komposisi tidak sehat lainnya pada minuman energi adalah pemicu tekanan darah dan mempercepat detak jantung seseorang. Minuman energi juga merusak keseimbangan garam dalam tubuh sehingga dikaitkan dengan kondisi arrhythmia atau detak jantung yang tidak teratur.


Keguguran
Dampak lain dari kafein dalam minuman energi juga tidak bagi bagi wanita, terutama mereka yang sedang hamil. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi sebanyak 200 miligram atau lebih kafein dalam sehari mampu meningkatkan risiko keguguran. Meskipun ada penelitian lain yang membantah pernyataan tersebut, pihak American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan wanita hamil sebaiknya membatasi konsumsi kafein sebanyak 200 miligram saja dalam sehari.

Ketergantungan Alkohol
Beberapa orang dengan cerobohnya gemar mencampur minuman berenergi dengan alkohol untuk diminum. Padahal kebiasaan tersebut memicu ketergantungan terhadap alkohol lebih parah daripada biasanya.

Risiko Kecanduan Obat-Obatan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mahasiswa tahun kedua yang suka menikmati minuman energi membuat mereka lebih banyak mengonsumsi obat-obatan tanpa resep pada tahun ketiga. Hal ini disebabkan oleh anggapan kalau minuman energi dan obat-obatan tanpa resep tersebut aman untuk dikonsumsi. Padahal pada kenyataannya tidak sama sekali.

Membuat bodoh
Terakhir, masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh minuman energi adalah membuat peminumnya menjadi bodoh. Rupanya konsumsi kafein berlebihan membuat seseorang mengalami kerusakan kognitif otak dan berisiko besar untuk gagal saat menjalani ujian.

Sayangnya, beberapa minuman energi tidak mencantumkan berapa banyak kafein yang ada di dalamnya. Maka dari itu sebaiknya kita mengurangi kebiasaan menikmati minuman energi sebelum mengalami beberapa masalah kesehatan yang sudah disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar